Labels

Sabtu, 25 Februari 2012

Berkomunikasilah dengan baik


Komunikasi merupakan salah satu hal yang terpenting dalam sebuah bisnis. Mengapa? Karena dengan komunikasi yang bagus akan terjalin sebuah relasi yang bagus antar rekan bisnis. Bayangkan saja ketika anda tidak memiliki skill yang bagus dalam berkomunikasi, rekan anda akan merasa kesulitan dalam menjalin relasi. Selain itu, komunikasi juga memiliki tujuan untuk membangun citra baik terhadap rekan.

Komunikasi sendiri memiliki 2 jenis yaitu verbal dan non-verbal. Komunikasi verbal yaitu komunikasi yang bersifat menggunakan kata-kata, seperti ketika sedang berbicara, berpresentasi, ataupun mengirim pesan. Sedangkan untuk komunikasi non-verbal adalah komunikasi yang tidak menggunakan kata-kata seperti sebuah logo atau gambar.
Sebuah komunikasi akan lebih efektif jika komunikasi tersebut tidak terlalu panjang (menghemat waktu), jelas, membangun citra yang baik, serta meningkatkan kerjasama. Begitu juga sifatnya dengan sebuah pesan, harus jelas dan benar, lengkap, meminimalisir waktu pembaca.

Pentingnya sebuah komunikasi tidak hanya di rasakan oleh pemilik perusahaan itu sendiri, namun kepada stakeholders dalam perusahaan tersebut. Internal ataupun eksternal. Seperti yang telah kita ketahui komponen-komponen dari stakeholders internal ataupun eksternal, kemudian bagaimanakah cara kita untuk berkomunikasi? Untuk audience internal, biasanya komunikasi dilakukan secara langsung (face to face) dan memo. Namun untuk stakeholders eksternal biasanya menggunakan surat pengantar.
Komunikasi dalam sebuah bisnis bisa di katakn sangat vital, maka dari itu kuasailah pengetahuan yang akan di sampaikan. Sampaikan dengan singkat, padat, jelas namun lengkap.

BY : Anisa, Angger, Valensia

1 komentar:

  1. wah halaman yang bagus dan artikel yang sangat baik . saya senang bisa menemukan halaman ini , artikelnya sangat menarik . di tunggu postingan berikutnya .Salam

    BalasHapus